Review Lengkap Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Plus

0
326

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Plus

Review Lengkap Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Plus. Galaxy S20 Plus adalah penerus flagship terbaru yang menawarkan beberapa perbaikan termasuk fitur tampilan top-end, kamera zoom beresolusi tinggi, dan serangkaian fitur pengambilan video baru yang canggih. Itu juga termasuk konektivitas 5G yang menawarkan akses internet super kencang. Galaxy S20 Plus menambahkan berbagai penyesuaian dan peningkatan dengan memasukkan berbagai inovasi teknologi terdepan tahun 2020. Cek spesifikasi dan keunggulan Samsung Galaxy S20 Plus.

Boleh dibilang fitur utama Galaxy S20 Plus adalah layarnya, karena ada beragam fitur yang harus digabung demi menciptakan pengalaman menonton yang luar biasa. Gabungan spesifikasi layar itu adalah kecepatan refresh 120Hz, teknologi layar WQHD + dan resolusi tinggi. Sementara di bagian kamera, Galaxy S20 Plus menawarkan upgrade minor dari S10 Plus yaitu sensor yang lebih besar yang diharapkan dapat menghasilkan gambar yang lebih baik. Lensa telefoto sekarang memiliki sensor 64MP, lebih dari 12MP dan dapat memfasilitasi 3x optical zoom bukan 2x.

Ada beberapa spesifikasi kecil lain yang ditawarkan S20 Plus, seperti baterai yang sedikit lebih besar, chipset baru, konektivitas 5G (tergantung wilayah) dan lebih banyak RAM. Harga Samsung Galaxy S20 Plus 5G ditetapkan di harga $ 1.199. Dengan uang segitu konsumen akan mendapatkan varian S20 Plus dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 128GB, yang dapat Anda tingkatkan hingga 1TB dengan kartu microSD. Sebagai perbandingan, harga Samsung Galaxy S10 Plus saat peluncuran perdana adalah $ 999 untuk model 128GB, yang memiliki RAM 8GB.

1. Teknologi Layar Mengesankan

Samsung Galaxy S20 Plus memiliki layar 6,7 inci, yang merupakan lompatan dari pendahulunya 6,4 inci, meskipun tidak selebar layar Galaxy S20 Ultra yang mencapai 6,9 inci. Panelnya adalah AMOLED, dengan lubang di bagian tengah atas layar (punch hole) untuk menempatkan sensor kamera.

Menurut Samsung, lubang itu 55% lebih kecil dari lubang pada seri S10. Pengguna dapat membuktikan bahwa lubang itu nyaris tidak terlihat ketika sedang menggunakan telepon, meskipun itu masih mengganggu daripada kamera pop-up. Resolusi layar yang diberikan adalah 3200 x 1440 piksel, Wide Quad High-Definition Plus (WQHD +), yang merupakan peningkatan dari 2K. Seperti halnya hampir semua ponsel cerdas, pengguna dapat menyetel ke resolusi yang lebih rendah jika mau.

Pengguna juga mendapatkan kecepatan refresh 120Hz, yang berarti layar memperbarui gambar yang dilihat 120 kali per detik, dua kali lebih cepat dari layar ponsel pada umumnya. Secara teori, itu berarti gerakan dari konten yang ditampilkan akan lebih halus daripada yang seharusnya seperti saat menggulir layar ketika mengakses media sosial ataupun bermain game.

Pengguna dapat mengaktifkan opsi resolusi teratas atau frame rate tertinggi, bukan keduanya. Dengan begitu pengguna dapat memilih WQHD + pada 60Hz, atau menikmati kecepatan refresh 120Hz yang lebih cepat, tetapi hanya pada resolusi Full HD +. Beberapa orang mungkin tidak terlalu memperhatikan kualitas layar, atau mungkin tidak peduli berapa kecepatan refresh yang mereka gunakan, sehingga masalah ini tidak akan mengganggu semua orang.

2. Desain Standar

Samsung Galaxy S10 Plus bukan ponsel yang paling menakjubkan, tetapi setidaknya berbeda, dengan blok kamera horizontal dan bingkai logam yang apik, ditambah layar melengkung yang terasa hebat di tangan. Namun untuk Galaxy S20 Plus terlihat jauh lebih umum. Pertama, blok kamera belakang telah bergeser ke kiri atas, lalu bagian belakang kaca (bukan keramik) tidak terasa enak untuk dipegang, dengan penempatan kamera depan yang sedikit menghalangi konten yang ditampilkan layar.

Ponsel ini besar dengan tubuh 161,9 x 73,7 x 7,8mm namun tidak terlalu berat dengan hanya 186g. Gawai ini tersedia dalam pilihan warna Cloud Blue, Cosmic Grey atau Cosmic Black. Warna-warna tersebut akan tergantung wilayah, jadi tidak semua opsi akan tersedia untuk semua pembeli.

3. Empat kamera

Pengguna mendapatkan empat kamera belakang pada Samsung Galaxy S20 Plus. Itu angka yang sama seperti pada Galaxy S10 Plus, dan sensornya mungkin tidak terlihat berbeda di atas kertas tetapi ada beberapa peningkatan penting. Kamera utama Galaxy S20 Plus memiliki sensor 12MP, dengan aperture f / 1.8 sementara Galaxy S10 memiliki aperture variabel f ??/ 1.5 dan f / 2.4. Dengan begitu bisa dibilang kamera utama S20 sebenarnya sedikit kurang fleksibel. Ada juga kamera ultra lebar dengan lensa 12MP dan aperture f / 2.2. Perlu dicatat bahwa kamera ultra-lebar pada Galaxy S10 memiliki sensor 16MP, sehingga resolusi kamera S20 sebenarnya sedikit downgrade. Tetapi sekali lagi peningkatan ukuran sensor masih dapat menghasilkan kualitas gambar menjadi lebih baik. Lupakan kamera telefoto 12MP pada S10 sebab Galaxy S20 memiliki kekuatan 64MP dengan lensa telefoto yang memfasilitasi 3x optical zoom, serta 30x digital zoom.

Meskipun ini bukan kemampuan zoom terhebat yang pernah ada, kalah dengan saudaranya yaitu S20 Ultra yang memiliki 10x optical / 100x digital namun ini masih sangat serbaguna dan memungkinkan pengguna mengaambil gambar yang bagus. Akhirnya, ada lensa ‘Time of Flight’ (ToF) yang digunakan untuk pengindraan dalam. Ini disertakan pada banyak ponsel untuk membedakan antara subjek dan latar belakang untuk efek blur ‘bokeh’ yang lebih akurat. Di bagian depan pengguna akan menemukan kamera selfie 10MP, sama seperti pada ponsel Galaxy S10 dan Note 10. Detail, warna, dan pencahayaan semuanya tepat, dan mode Fokus Langsung memungkinkan pengguna menambahkan latar belakang buram dan efek warna.

Secara umum, gambar yang diambil dengan Samsung Galaxy S20 Plus terlihat sangat bagus, dan ini mungkin berkat perangkat lunak pasca-pemrosesan dan optimisasi panorama fantastis dari Samsung, yang menggunakan AI untuk meningkatkan bidikan. Ada juga berbagai fitur kamera yang menarik, seperti Single Take yang memungkinkan pengguna menekan satu tombol untuk mengambil video pendek menggunakan ketiga kamera belakang, lalu AI menunjukkan kepada pengguna beberapa foto terbaik dari klip.

Ada juga mode 64MP baru yang memungkinkan pengguna mengambil gambar beresolusi tinggi tanpa cacat piksel. Namun yang pasti, fungsi kamera di Galaxy S20 sangatlah mudah digunakan dan dioptimalisasi. Samsung belum mengungkapkan apakah video 8K adalah asli 8K atau dibuat menggunakan teknologi peningkatan digital. Hanya saja karena sensor utama hanya sebesar 12MP, maka dapat diasumsikan itu adalah 8K digital. Ada beberapa mode pengambilan video baru juga, termasuk Pro Video, yang mirip dengan mode Pro Photo yang memungkinkan pengguna menyesuaikan pengaturan seperti aperture, ISO dan white balance saat merekam klip; OIS yang ditingkatkan; dan mode hyperlapse untuk merekam video dalam jangka waktu yang lama.

4. Baterai Jumbo

Dalam hal sistem operasi, Samsung Galaxy S20 Plus menjalankan Android 10 dengan Samsung One UI mempercantik antarmukanya. Samsung Galaxy S20 memiliki baterai 4.500 mAh, yang termasuk cukup besar untuk smartphone kelas atas. Berkat tampilan 120Hz atau WQHD +, kekuatan baterai diharapkan bisa bertahan sekitar satu hari.

Lebih dari sehari jika pengguna menonaktifkan fitur-fitur utama. Dalam hal pengisian daya, ada 25W pengisian cepat melalui USB-C, atau ‘Fast Wireless Charging 2.0’. Fitur Wireless Power Share juga tersedia, memungkinkan pengguna untuk mengisi daya ke perangkat Samsung Galaxy Buds Plus, jam tangan pintar, atau perangkat pengisian daya Qi lainnya dengan meletakkannya di bagian belakang ponsel.