Harap dibaca!!! 10 Aplikasi Al Quran Terbaik di Smartphone Android Bagi Kamu Yg Ingin Belajar

0
67
10 Aplikasi Al Quran Terbaik di Smartphone Android

10 Aplikasi Al Quran Terbaik di Smartphone Android. Dilansir dari web carisinyal Kecanggihan teknologi di zaman modern seperti ini seharusnya tidak menyurutkan seseorang dalam beribadah. Justru ibadah dapat ditingkatkan dengan teknologi yang semakin canggih salah satunya adalah dengan membaca Al Quran melalui aplikasi Al Quran di Android.

Hampir setiap orang memiliki smartphone, terlebih maraknya penggunaan smartphone Android, mulai dari merk ternama sampai merk asli Indonesia. Namun, Anda juga masih tetap bisa beribadah dengan hanya menggunakan smartphone. Pasalnya, 10 Aplikasi Al Quran di Android ini memang dikhususkan untuk hape dan aplikasi-aplikasi ini gratis lho. Mau? Berikut simak kesepuluh ulasannya.

10 Aplikasi Al Quran Terbaik di Android

1. Al Quran Indonesia

Siapa bilang baca Al Quran itu repot karena harus membawa-bawa kitabnya? Zaman modern dan canggih seperti ini justru semakin kecil alasan untuk kurangnya beribadah. Aplikasi Al Quran di Android ini datang dari pembuat asli Indonesia dengan sebutan aplikasi Al Quran Indonesia.

Dalam aplikasinya, sang creator aplikasi memudahkan umat Muslim dalam membaca Al Quran baik dengan bentuk landscape ataupun portrait, dan terjemahannya pun tentu tersalin dalam bahasa Indonesia. Tidak sembarang terjemahan dan penafsiran, sang translator juga penafsir didatangkan dari KemenAg-RI juga Al Jalalain Indonesia.

Aplikasi yang tersedia dalam dua tipe tema, dark dan light, ini juga melengkapi fiturnya dengan audio controller berupa pause, play, stop. Tak hanya itu bahkan Anda juga bisa langsung mebagikan ayat Allah ini ke medsos Anda. Untuk mendownloadnya, Anda hanya cukup ke PlayStore atau klik di sini.

2. MyQuran Al Quran dan Terjemahan

Selain aplikasi MyQuran yang tersedia dalam platform untuk PC, ternyata MyQuran Al Quran dan Terjemahan ini juga merupakan salah satu aplikasi Al-Quran di Android. Aplikasi dengan desain yang simple juga mudah terbaca dengan jelas ini telah diunduh lebih dari seratus ribu pengguna Android.

Dalam aplikasinya, MyQuran dibekali tak hanya dengan terjemahan namun juga fitur yang dapat melakukan pencarian surat Al Quran. Para penggunanya pun dapat menyimpan surat terakhir yang telah dibaca sebagai penanda.

Tak hanya ayat-ayat suci Al Quran, bahkan MyQuran Al Quran dan Terjemahan ini melengkapi fiturnya dengan kumpulan berbagai macam doa-doa lho. Asmaul Husna atau 99 nama baik Allah pun terpasang dalam salah satu fitur di aplikasi ini. Anda ingin meningkatkan ibadah Anda dengan aplikasi ini? Cukup klik di sini untuk mendownloadnya secara gratis.

3. Ayat – Al Quran

Lebih dari seratus ribu pengunduh telah mendownload aplikasi Al Quran di Android ini. Dengan banyaknya pengunduh, hal tersebut dapat juga diartikan bahwa aplikasi ini cukup baik. Terbukti dengan fitur yang disediakan, 20 bahasa terjemahan Al Quran tersedia di aplikasi membaca Al Quran, Ayat – Al Quran.

Tak hanya itu saja, Anda juga dapat melakukan pencarian terhadap ayat yang ingin Anda cari. Ayat – Al Quran juga menyuguhkan dua bahasa dalam rekaman terjemahan bacaan Al Quran, yakni bahasa Arab dan Urdu. Program aplikasi Al Quran di Android ini menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Anda ingin mendownloadnya? Cukup klik di sini dan bisa langsung Anda download secara gratis.

4. Al Quran (free)

Aplikasi Al-Quran di Android yang dapat diunduh secara cuma-cuma kali ini hadir dengan nama Al Quran. Ketika pertama kali Anda masuk ke dalam aplikasi, para pengunduh akan disuguhkan desain yang simple dann mudah terbaca.

Saat Anda mengklik atau memilih salah satu surat yang ingin dibaca, maka Anda akan dihadapkan pilihan untuk style membacanya. Terjemahan yang ada pada aplikasi ini menggunakan bahasa Inggris. Fitur lainnya yang dapat dinikmati adalah, Anda juga bisa langsung mebagikan ayat-ayat Al Quran ke Facebook Anda. Tertarik? Anda bisa mendownloadnya di PlayStore atau klik di sini.

5. Quran for Android

Membaca Al Quran kini bisa mudah Anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi Quran for Android. Ya, di dalam aplikasinya, pengguna bisa membaca Al Quran dengan berbagai fitur yang cukup lengkap. Di sini, Anda bisa mengganti night mode bahkan Quran for Android ini menyediakan terjemahan Al Quran dalam 20 bahasa yang berbeda. Cukup lengkap, kan?

6. Al Quran

Al Quran, aplikasi Al Quran di Android secara digital dan dapat dibaca dimanapun dan kapanpun hanya melalui smartphone. Aplikasi yang memiliki terjemahan bahasa Inggris ini memiliki fitur dimana Anda bisa menyimpan dan menandakan bacaan Al Quran sesuai dengan kebutuhan.

Tak cukup sampai di situ saja, bahkan terdapat daftar index yang memudahkan pembaca dalam melakukan pencarian surat dan ayal Al Quran. Dua pilihan bahasa tersedia untuk terjemahan Al Quran yakni Arab dan Inggris. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, Anda bisa langsung mengunjungi PlayStore atau mudahnya klik di sini.

7. MyQuran International PRO

Meskipun ini merupakan aplikasi berbayar, namun Anda akan dibuat nyaman saat membaca Al Quran dengan MyQuran International PRO. Ya, ini adalah salah satu aplikasi yang menyuguhkan ayat-ayat suci Al Quran lengkap dengan terjemahannya.

Selain itu juga, aplikasi memiliki antarmuka yang cukup simpel namun tetap menarik. Bukan hanya sekedar menampilkan ayat-ayat suci Al Quran saja, pasalnya MyQuran International PRO ini memiliki kumpulan doa dan juga Asmaul Husna. Lengkap, kan?

8. Al Quran Al-Hadi

Tak hanya sekedar membaca Al Quran saja, Al Quran Al-Hadi, sebuah aplikasi Al Quran di Android yang juga menyematkan fitur kajian Al Quran sesuai dengan terjemahan yang ada. Aplikasi ini menyiapkan fitur dimana penggunanya dapat mengkaji isi Al Quran secara terstruktur dengan skema yang luas.

Fitur mesin pencari pun disematkan pada aplikasi ini untuk mencari tema kajian yang ingin diketahui. Contohnya dengan mencari tema kajian “syarat masuk surga” maka akan muncul ayat-ayat yang menjelaskan tentang masuk surga. Tertarik? Anda bisa mendownloadnya secara gratis di PlayStore dengan mengklik di sini.

9. Al Quran Bahasa Indonesia MP3

Mendengarkan bahkan dapat membaca Al Quran sekaligus dengan salah satu aplikasi Al Quran di Android, Al Quran Bahasa Indonesia MP3. Kali ini, aplikasi yang menawarkan berbagai macam bahasa terjemahan memang memudahkan penggunanya dalam membaca Al Quran ataupun hanya sekedar mendengarkan Al Quran.

Anda juga dapat memilih tiga font style bahasa Arab yang disesuaikan dengan selara Anda. Penggunanya dapat mendowload satu persatu setiap surat yang ada atau sekaligus mendownload surat yang ada di Al Quran secara keseluruhan. Anda juga bisa mengatur warna font dan background sesuai dengan selera. Untuk mendownloadnya, cukup klik di sini. Mudah bukan?

10. Al Quran (Tafsir & by Word)

Last but not least, aplikasi Al Quran di Android kali ini datang tidak hanya sekedar membaca Al Quran. Penggunanya dapat membaca setiap terjemahan perkata juga tafsiran terjemahan secara langsung. Anda juga dapat hanya mendengarkan Qori membaca Al Quran melalui audio.

Para pengunduh, akan dimudahkan pula dengan tajwid berwarna warni yang memudahkan pada saat sedang membaca Al Quran. Selain itu juga, fitur note pun tersemat pada aplikasi satu ini. Anda bisa menyisipkan catatan di setiap ayat sesuai dengan kebutuhan Anda. Mudah bukan? Cukup klik di sini dan Anda bisa langsung menggunakan aplikasinya.

Rekomendasi Aplikasi Lainnya

Selain 10 aplikasi Al-Quran di atas, Kami juga masih memiliki beberapa rekomendasi aplikasi lainnya yang bisa memudahkan Anda untuk membaca kitab suci Al Quran di mana pun dan kapan pun. Berikut adalah beberapa aplikasi Al-Quran yang Kami rekomendasikan untuk Anda di HP Android.

 11. Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro memiliki beragam fitur yang tersemat di dalamnya, salah satunya adalah Al-Quran. Dengan aplikasi Muslim Pro memungkinkan Anda untuk membaca Al Quran pada HP Android. Juga, Al Quran yang ada di Muslim Pro ini dilengkapi oleh audio, phonetics, serta translations. 

Oh, iya, selain membaca Al Quran, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Azan, menampilkan waktu untuk berpuasa dan berbuka puasa, bahkan Anda akan disuguhkan informasi mengenai arah kiblat. Sangat lengkap dan praktis, kan?

12. Al’Quran Bahasa Indonesia

Sesuai dengan namanya, aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia ini menyuguhkan terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia, sehingga akan memudahkan Anda untuk mencermati setiap terjemahan yang ada di Al Quran.

Bukan hanya sekedar itu saja, pasalnya aplikasi ini juga dilengkapi dengan tajwid juga lho. Bahkan, Anda bisa membacanya dengan bentuk landscape juga. Masih ada lagi nih fitur unggulannya di mana Al’Quran Bahasa Indonesia siap untuk menampilkan waktu untuk Sholat. Tak kalah lengkap, kan? 

Itulah kumpulan aplikasi Al-Quran di Android yang bisa Anda gunakan secara gratis baik offline maupun online. Adakah salah satu aplikasi di atas yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda?