Flagship Samsung Terbaru, Cek Kehebatan Galaxy S20

Kehebatan Galaxy S20

Galaxy S20 memiliki layar 6,2 inci atau 0,1 inci lebih besar daripada S10 yang berdiagonal 6,1 inci. Namun itu tidak secara dramatis mengubah ukuran keseluruhan sebab resolusi maksimalnya tetap sama yaitu WQHD + atau 3040 x 1440 piksel. Samsung sendiri masih menawarkan resolusi default Full HD + (2220 x 1080 piksel), yang lebih dari cukup untuk sebagian besar tugas sekaligus menghemat daya baterai.

1. Layar Mumpuni

Default resolusi layar adalah 1080p pun memiliki pertimbangan lain. Kecepatan refresh 120Hz yang diadopsinya tidak kompatibel dengan resolusi WQHD +. Lompatan dari 60Hz ke 120Hz sangat penting dalam menawarkan pengalaman yang lebih lancar saat bermain game atau menjelajahi web, sebagaimana yang diberikan ASUS ROG 2 ataupun Razer Phone 2, bahkan jika layar ponsel hanya disetel pada resolusi 1080 piksel. Galaxy S20 juga telah memperbaiki sensitivitas sentuhan hingga 240Hz untuk membuat game lebih responsif dan kecepatan jari yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya. Galaxy S20 adalah yang terkecil dari keluarga Galaxy S tahun 2020. Di bagian layar ada punchole kamera menghadap ke depan yang lebih kecil dari seri sebelumnya. S20 pun membawa kembali fitur HDR10 + di layar untuk memberikan reproduksi warna yang lebih dinamis selama menonton film.

2. Desain High End

Samsung Galaxy S20 memiliki tampilan yang akrab: dua keping kaca yang menjepit bingkai aluminium. Masih ada lekukan di tepi kanan dan kiri layar tetapi tidak terlalu tegas seperti pada S10, yang berarti akan lebih sedikit penekanan tidak disengaja di sepanjang tepi layar. Seri Galaxy S20 adalah keluarga S pertama yang tidak memiliki jack headphone. Pengguna akan membutuhkan adaptor atau perangkat nirkabel sebagai gantinya. Satu-satunya port pada handset adalah USB-C. Ada tiga warna yang ditawarkan Galaxy S20 yaitu : Cloud Blue, Cloud Pink dan Cosmic Grey. Ada versi hitam untuk S20 Plus dan S20 Ultra, tetapi tidak tersedia pada S20 reguler.

READ  Spesifikasi dan Harga Terbaru Redmi Note 8 Pro 2019

3. Kamera Handal Berfitur Lengkap

Galaxy S20 siap menawarkan upgrade kamera terbesar sejak Galaxy S7 menggantikan S6. Ini adalah ponsel yang diandalkan Samsung untuk menangkis kemajuan kamera Apple iPhone 11 Pro. Namun sekilas kamera yang dibawa Galaxy S20 bisa terlihat seperti downgrade. Kamera utama Galaxy S20 tetap mengusung sensor 12MP dengan aperture f / 1.8. Secara teoritis itu akan lebih rendah dari bukaan ganda f / 1.5 + f / 2.4 pada Galaxy S10 yang akan berubah tergantung pada kondisi pencahayaan (f / 1.5 akan menarik lebih banyak cahaya untuk jepretan di kondisi cahaya rendah). Namun Samsung telah meningkatkan ukuran piksel individu dari 1,4 mikron menjadi 1,8 mikron. Dikombinasikan dengan sensor yang lebih besar, pengguna akan menangkap lebih banyak detail dan cahaya pada Galaxy S20.

Hal yang sama berlaku untuk kamera telefoto 64MP yang meningkat cukup signifikan dibandingkan kamera telefoto 12MP tahun sebelumnya. Kamera telefoto pun memiliki nilai plus lain dengan hadirnya fitur 3x pembesaran lossless dan 10x pembesaran digital. Kemudian untuk kamera ultra-lebar 12MP di Galaxy S20 kini memiliki sensor yang lebih besar, piksel lebih besar (1,4 mikron dibanding 1 mikron), meski dengan aperture f / 2.2 yang sama. Itu akan membuat foto ultra lebar yang dihasilkan akan jauh lebih baik, bahkan walau S10 memiliki kamera ultra lebar 16MP.

Galaxy S20 membuat terobosan baru dengan memperkenalkan fitur perekaman video 8K dan koreksi anti-roll (hingga 60 derajat) sebagai bagian dari fitur stabilisasi Super Steady. Hanya saja, jangan berharap untuk dapat menggunakan resolusi yang lebih tinggi. Teknologi stabilisasi canggih dari Samsung – Super Steady hanya benar-benar bekerja di resolusi 1080p (tak berfungsi dalam mode 4K). Perekaman 8K hanya terbatas pada 24fps saja. Namun itu pun memiliki nilai tambah penting: pengguna akan dapat memotong dan mengedit video tanpa mengorbankan kualitas jika mengekspornya ke 4K atau 1080p.

READ  Aplikasi Simontox App 2020 Apk Download Latest Version 2.0 For Android

Sepertinya kebanyakan pengguna masih akan memotret dalam mode 4K di mana mereka bisa mendapatkan lebih banyak kontrol atas frame per detik, 20x video zoom (8K hanya pada 6x zoom), dan file yang lebih kecil ( Rekaman 8K akan memakan sekitar 600MB per menit dalam format HEVC). Bilamana pengguna memutuskan untuk memotret dalam mode 8K, mereka dapat menekan tombol kamera saat merekam untuk mengambil gambar foto instan 33MP. Aplikasi kamera di Galaxy S20 pun canggih namun mudah digunakan misalnya pengguna dapat menggesek di mana saja di layar untuk beralih antara kamera depan dan belakang, membuat gerakan tangan untuk mengaktifkan timer kamera selfie, dan tekan dua kali tombol kunci fisik untuk membuka aplikasi kamera.

Yang baru di sini adalah ‘mode pengambilan tunggal’, yang akan menggilir ketiga kamera belakang selama 10 detik untuk menangkap berbagai foto dan video. Itu untuk menjawab pertanyaan ‘Haruskah saya mengambil foto atau video?’ Dengan ‘Mengapa tidak mengambil keduanya?. Hasilnya adalah pengguna akan diberikan foto, ultra-lebar, potret, video hyperlapse, video biasa, dan sebagainya.

4. Internet Super Ngebut 5G

Termasuk spesifikasi hebat Galaxy S20 yaitu jaringan 5G di smartphone. Untuk diketahui jika cuma 1% dari smartphone yang dijual pada tahun 2019 adalah ponsel 5G, dan sebagian besar merupakan varian mahal dari flagship 4G. Galaxy S20 adalah ponsel andalan dengan jaringan 5G diaktifkan secara default, dimana kecepatan unduh rata-rata sekitar 200Mbps, 6x lebih besar dari kecepatan 4G pada umumnya. Tentu saja, itu tergantung pada kekuatan jaringan 5G yang tersedia. S20 juga akan hadir dalam varian 4G, tetapi hanya di negara-negara tertentu. Ada perbedaan penting antara kemampuan 5G di Galaxy S20 dengan S20 Plus dan Ultra. Ketiganya memang sudah mendukung teknologi sub-6 low-to-mid-band, hanya saja untuk S20 Plus dan S20 Ultra sudah terpasang antena mmWave, yang akan lebih meningkatkan kecepatan akses. Berapa tambahan kecepatan yang bisa diberikan dengan penambahan antena tersebut? Dari sebuah tes didapatkan hasil 1,4 Gbps. Galaxy S20 juga akan hadir dalam varian 4G, tetapi hanya di negara-negara tertentu saja.

READ  5 Situs Bokeh Full Version 2019 Tanpa Aplikasi

5. Baterai Kuat

Samsung telah melengkapi Galaxy S20 dengan baterai 4.000 mAh, yang meningkat dari kapasitas 3400 di Galaxy S10. Pengisian daya Samsung ‘Super Cepat’ terpasang ke Galaxy S20 (fitur tersebut pertma kali diaplikasikan ke Note 10) dan pengguna pun akan mendapatkan pengisi daya 25W. Itu juga kompatibel dengan pengisian nirkabel, hingga 15W, dan pengguna dapat mengisi daya secara nirkabel perangkat Qi-charge lainnya, seperti Samsung Galaxy Buds dan Samsung Galaxy Buds + yang baru.

6. Harga Samsung Galaxy S20

Sebagai andalan terbaru Samsung mengisi pasar kelas paling premium, harga Galaxy S20 dipatok cukup tinggi. Berikut adalah daftar harga lengkap Galaxy S20 Series untuk pasar Indonesia. Harga Samsung Galaxy S20 varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB Rp.Rp 12.999.000. Harga Samsung Galaxy S20 Plus RAM 8 GB dan ROM 128 GB Rp 14.499.000 dan Harga Samsung Galaxy S20 Ultra RAM 12 GB dan ROM 128 GB Rp.18.499.000.

You May Also Like

About the Author: aditekno

bekerja di tekno-bytes menjadi writer dan seorang blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *