Bisnis Dengan Memanfaatkan Sosial Media

Bisnis Dengan Memanfaatkan Sosial Media

Siapa sangka, bisnis dengan memanfaatkan sosial media merupakan suatu strategi penting bisnis di era digital ini. Hampir semua orang, anak anak hingga orang tua, mempunyai media sosial. Dengan demikian, hal ini menjadi peluang gurih bagi para pelaku bisnis untuk menyasar target market secara lebih efektif dan efisien.

Berikut ini sejumlah peran sosial media untuk bisnis:

Sebagai Sumber Data Pelanggan

Terdapat lebih dari 95 juta foto diupload di Instagram, serta 4,5 milyar like di facebook. Bagaimana dengan twitter? Tentu tak kalah banyak, ada lebih dari 500 juta tweet setiap harinya. Sosial media menyimpan banyak data pelanggan seperti apa hobinya (interest), siapa mereka dan berbagai informasi lainnya yang sangat berkaitan dengan produk Anda.

Membantu Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness akan jadi lebih mudah dan lebih efektif dilakukan di media sosial. Kehadiranmu di feed mereka sehari-hari dengan produk yang dikemas menjadi konten menarik akan meningkatkan retensi pelanggan.  Sebuah studi menunjukkan, 53% follower sebuah brand di Amerika terbukti menjadi pelanggan loyal brand tersebut.

Menjalankan Iklan Yang Efektif

Para pelaku usaha juga bisa memasarkan produk mereka melalui feed berbayar yang lebih tertarget. Cara ini terbukti sangat ampuh dan efektif dalam mendatangkan calon pembeli. Anda bisa memilih audiens Anda sendiri sesuai dengan produk. Missal Anda menjual produk penumbuh janggut, Anda bisa menciptakan segmen berdasarkan gender, usia, pekerjaan, apa yang ia sukai, dll. Sehingga, iklan Anda dijamin tepat sasaran.

READ  Cara agar Bisnis Lebih Sukses dan Maju

Mendatangkan Lead (calon pembeli)

Dari iklan yang Anda pasang, akan datang lead (calon pembeli) baik yang menuju ke website toko Anda, atau secara langsung mengontak Anda di whatsapp. Para calon pembeli ini merupakan warm buyer, artinya berpotensi cukup tinggi untuk membeli produk Anda. Tinggal bagaimana caranya Anda membujuk pembeli untuk deal.

Meningkatkan Traffic Website

Jika produk Anda juga dipasang di website, sosial media menjadi tempat promosi yang paling ampuh untuk mendatangkan kunjungan karena disana merupakan tempat orang-orang berkumpul. Jika konten Anda menarik dan viral, maka kemungkinan kunjungan akan lebih banyak.

Memberi Pelayanan Lebih Baik Kepada Pelanggan

Sosial media memberi kemudahan pelayanan pelanggan. Pelanggan bisa mengobrol dengan customer service dan berkonsultasi tentang produk yang hendak atau telah dibeli. Keberadaan sosial media sangatlah membantu pelayanan pelanggan.

Membuat Produk Anda Menjadi Viral

Sosial media memudahkan kita untuk membagikan banyak informasi, terutama informasi tentang produk Anda. Jika Anda mengemasnya secara menarik, apalagi jika dipost di akun seorang influencer, kemungkinan produk Anda menjadi viral sangatlah besar.

Melihat Strategi Competitor

Anda juga bisa dengan mudah mengintip apa yang dilakukan competitor melalui sosial media. Analisis ini sangatlah penting agar bisnis Anda menang, dengan cara melakukan apa yang competitor tidak lakukan, atau mencari kelemahan competitor kemudian Anda menguatkannya di produk Anda dan cara pemasaran Anda.

Geo Targeting

Sosial media membantu Anda memilih pelanggan dari lokasi mana saja. Sehingga, Anda bisa mendistribusikan konten ke audiens yang tepat.

Membina Relasi

Media sosial tak semata untuk meningkatkan penjualan dan mendatangkan traffic bagi bisnis Anda. Lebih jauh, media sosial sangat bermanfaat untuk menciptakan komunikasi dua arah antara pemilik usaha dan pelanggan. Yang pada akhirnya mampu membina relasi yang baik antara kedua belah pihak.

READ  Cara agar Bisnis Lebih Sukses dan Maju

You May Also Like

About the Author: sarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *